Jumat, 18 Mei 2012

Pengaruh Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Pada PT Bank Syariah Mandiri Cabang ___________ 005


Kepuasan nasabah menjadi prioritas utama pada penelitian ini karena
tingkat persaingan yang semakin tajam diantara perusahaan perbankan di
Indonesia. Hal utama agar perusahaan dapat bertahan, bersaing dan menguasai
pasar maka kinerja pelayanan harus diperbaiki dan ditingkatkan. Perusahaan harus
memperhatikan hal-hal yang dianggap penting oleh para pelanggan, agar
pelanggan merasa puas dan tidak beralih kepada pesaing. Maka dari itu penelitian
ini mengangkat permasalahan Kualitas pelayanan (Service Quality) PT. Bank
Syariah Mandiri Cabang ___________, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh
kinerja pelayanan yang terdiri dari Bukti Fisik (Tangibles),
Keandalan(Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance),
dan Perhatian (Empathy) terhadap kepuasan nasabah (customer Satisfaction) PT.
Bank Syariah Mandiri Cabang ___________.
Penelitian ini dilakukan pada nasabah PT Bank Syariah Mandiri Cabang
___________. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini
adalah Convenience sampling atau Accidental Sampling. Jumlah sampel yang
digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode analisis data
yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas kuesioner. Tahap
selanjutnya, data kuesioner dianalisis dengan regresi berganda melalui uji statistik
deskriptif, uji-t, uji ketepatan model, dan uji asumsi klasik dengan tingkat
signifikansi 0,05 atau α = 5%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel dimensi
service quality yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah PT Bank Syariah
Mandiri cabang ___________. Pengaruh yang paling besar dari dimensi service quality
adalah variabel reliability (X2) di ikuti empathy (X5), assurance (X4), tangible
(X1), responsiveness (X3) terhadap kepuasan nasabah dan = 0,652 menunjukan
bahwa 65,2% variabel kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel dari
dimensi service quality yaitu reliability(X2), empathy (X5), assurance(X4),
tangible (X1), responsiveness (X3) sedangkan 34,8% lainnya dijelaskan variabel
lain yang tidak masuk dalam model

Tidak ada komentar:

Posting Komentar