Selasa, 22 Mei 2012

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Usaha Jasa Internet "Zaisya Net" Di ___________ 147


Penelitian ini dilakukan berdasarkan atas kenyataan bahwa
banyak sekali minat masyarakat terutama mahasiswa yang membutuhkan
jasa internet dalam kehidupan sehari-hari. Banyaknya usaha jasa internet
yang marak di kota ___________ ini menimbulkan konsumen dapat
membandingkan kualitas pelayanan yang dimiliki usaha jasa internet
unutuk memuaskan pelanggan. Seiring dengan banyaknya strategi yang
digunakan oleh para pengusaha jasa internet, ada yang menarik dari sisi
pengelolaan usaha jasa Internet di kota ___________, yakni salah satu warnet
yang dimiliki ZAISYA NET. Melihat dari segmentasi lokasi yang
digunakan, warnet ini hampir tidak mungkin menempati pasar yang
sangat potensial, hal ini dikarenakan lokasi yang kurang strategis, juga
memiliki pesaing yang cukup ketat disekitarnya. Namun, keunikan yang
menjadi perhatian peneliti disini, adalah pelanggan yang dominan
memadati dan loyal untuk datang ke warnet tersebut. Dan Uniknya lagi,
warnet tersebut belum begitu lama berdiri, namun sudah menjadi pesaing
yang hebat diantara warnet disekitanya.
Penelitian dilakukan di Kota ___________, Jawa Timur, dari tanggal
10 Agustus 2008 sampai dengan tanggal 9 September 2008 terhadap 55
responden sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan adalah accidental sampling, sedangkan pengumpulan
data menggunakan teknik observasi, wawancara dan kuesioner.
Atribut yang dipertimbangkan adalah factor kinerja (performance), ciri
atau keistimewaan tambahan (feature), kesesuaian dengan spesifikasi
(conformance to specification), serviceability, dan kualitas yang di
persepsikan (perceived quality) berpengaruh terhadap kepuasan
konsumen Zaisya net.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) (Uji F) didapatkan
didapatkan F hitung adalah 19,835 dengan signifikansi 0,000 sedangkan
berdasarkan uji T parsial (Uji T) Performance nilai T hitung 2,305 lebih
besar dari T tabel 2,004 dan signifikasi 0,025, Ciri atau keistimewaan
tambahan (Feature) nilai T hitung 2,962 dan signifikasi 0,005, Conformance
to Specification nilai T hitung 3,113 dengan signifikasi sebesar 0,003,
Serviceability T hitung -2,291 dan signifikasi 0,026, dan Perceived Quality T
hitung 4,390. (2) Dari uji parsial diketahui variabel perceived quality paling
besar nilai T hitungnya sebesar 4,390 dan signifikasinya 0,00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar