Rabu, 23 Mei 2012

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) ___________ (Studi Empiris Pada Perawat Pasien Askeskin IRNA II) 163


Kualitas pelayanan dan kepuasan pasien merupakan satu
kesatuan yang sulit dipisahkan. Karena kualitas pelayanan yang diberikan
rumah sakit berpengaruh langsung terhadap kepuasan pasien. Untuk
mewujudkan kepuasan pasien Askeskin tersebut Rumah Sakit Saiful
Anwar (RSSA) ___________ sebagai Instansi kesehatan publik milik
pemerintah daerah yang berorientasi pada pasien, dalam
perkembangannya dituntut untuk memberikan kualitas pelayanan yang
baik kepada pasien dengan meningkatkan kompetensi perawat serta
memperhatikan dimensi kualitas pelayanan itu sendiri, yaitu keandalan,
bukti lansung, daya tanggap, jaminan dan empati.
Penelitian ini merupakan explanatory research dengan pendekatan
Kuantitatif melalui metode survei yang bertujuan untuk mengetahui
pengaruh kualitas pelayanan yang diberikan perawat IRNA II (Ruang
18,19 dan 20) terhadap kepuasan pasien Askeskin di RSSA ___________. Untuk
mengetahui hal tersebut maka digunakan analisis regresi linier berganda
dengan uji F dan uji t. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 76
responden dengan penentuan sampel menggunakan studi sensus. Teknik
pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner, wawancara dan
dokumentasi. Sedangkan pengujian instrumen menggunakan uji validitas
dan uji reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keandalan (X1),
bukti lansung (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4), dan empati (X5) secara
simultan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien (y).
Dari perhitungan F diperoleh Fhitung 8,648 > Ftabel 2,35 dengan nilai P
sebesar 0,000 < 0,05. Selain itu nilai Adjusted R Square yang diketahui
sebesar 0,338 yang berarti besarnya pengaruh variabel bebas terhadap
variabel terikat adalah 33,8%. Dan dari hasil uji t diketahui bahwa secara
parsial, variabel empati mempunyai pengaruh signifikan terhadap
variabel terikat. Sedangkan variabel keandalan 0,656 < ttabel 2,000; nilai
thitung bukti langsung 0,618 < ttabel 2,000; nilai thitung daya tanggap 0,959 <
ttabel 2,000 dan nilai thitung jaminan 1,133 < ttabel 2,000. Variabel yang
dominan pengaruhnya adalah variabel empati dengan konstribusi sebesar
44,1 satuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar