Selasa, 22 Mei 2012

Pengaruh Pesan Iklan televisi terhadap keputusan pembelian rokok L.A LIGHTS pada toko Sumber Murni, Mojokerto 152


Rokok LA. LIGHTS adalah salah satu produk dari Djarum yang
akhir-akhir ini gencar sekali memasarkan produknya dengan iklan
melalui berbagai media massa antara lain media cetak (majalah, surat
kabar dan lain-lain), media elektronik (televisi dan radio), serta media luar
ruangan (billboard, spanduk dan lain-lain), dimaksudkan agar iklan
mampu memberikan persepsi yang positif dan citra jangka panjang akan
suatu produk yang diiklankan tersebut kepada konsumen, yang pada
akhirnya akan mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli atau
melakukan pembelian ulang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan
survei yang berusaha untuk mengetahui bagaimana pengaruh pesan iklan
terhadap keputusan pembelian Rokok L.A LIGHTS. Teknik pengumpulan
data yaitu dengan metode kuesioner, wawancara dan dokumentasi.
Untuk pengujian instrumen menggunakan uji Validitas, Reliabilitas, dan
Uji Asumsi klasik. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan
metode regresi linier berganda karena variabel yang digunakan lebih dari
dua variabel, dengan uji F dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian koefisien regresi
secara simultan (Uji F) didapatkan F hitung adalah 41,244 dengan
signifikansi 0,000. Karena signifikansi (0,000) lebih kecil dari (0,05), maka
dapat dikatakan, Typical Humor, Musical Flow, Real People, Product
Identifiability berpengaruh terhadap keputusan pembelian. berdasarkan
hasil pengujian koefisien regresi secara parsial (Uji t) didapatkan Variabel
Typical Humor mempunyai signifikansi 0,037; Variabel Musical Flow
mempunyai signifikansi -0,040; Variabel Real People mempunyai
signifikansi 0,000; Variabel Product Identifiability mempunyai signifikansi
0,011;. Diketahui bahwa ada 4 variabel yang berpengaruh nyata
terhadap keputusan pembelian yaitu Typical Humor, Musical Flow, Real
People, Product Identifiability. hal ini ditunjukkan dengan signifikansi <
0.05. Secara parsial hanya Variabel Real People yang mempunyai pengaruh
paling signifikan terhadap Variabel Keputusan Pembelian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar