Selasa, 22 Mei 2012

Pengaruh Strategi Positioning Produk Terhadap Citra Merek Pada Produk Sunsilk Clean & Fresh Shampoo (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) ___________


Strategi Positioning Produk merupakan strategi komunikasi yang
didasarkan atas mental spase. Positioning ini mengacu pada kegiatan
menempatkan merek atau produk dibenak pelanggan dengan produk
pesaing lainnya dalam kaitannya dengan atribut produk dan keuntungan
yang ditawarkan oleh produk tersebut. Oleh karena itu setiap perusahaan
perlu memposisikan produk untuk membangun citra atau identitas
dibenak konsumen pada produk, merek atau lembaga tertentu. Begitu
juga pada produk Sunsilk Clean & Fresh Shampoo. Tujuan yang ingin di
dapat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel ciri
produk (X1), harga dan kualitas (X2), penggunaan (X3), dan pengguna
produk (X4) yang di formulasikan melalui strategi positioning produk
pada produk Sunsilk Clean & Fresh Shampoo baik secara simultan
maupun parsial terhadap citra merek.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yaitu penelitian
yang data-datanya berupa angka-angka. Dengan pendekatan eksplanatori
yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabelvariabel
melalui pengujian hipotesa. Sampel dalam penelitian ini adalah
mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) ___________ Tahun Akademik
2007/2008 yang mengkonsumsi produk Sunsilk Clean & Fresh Shampoo,
Yang berjumlah 75 Mahasiswa. Metode pengambilan sampel yang
digunakan adalah purposive sample. Adapun teknik analisa data yang
digunakan adalah regresi linier berganda.
Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa variabel
bebas (Ciri Produk, Harga dan Kualitas, Penggunaan, dan Pengguna
Produk) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel terikat
(Citra Merek) sebesar 59,6%. Secara parsial hanya variabel Harga dan
Kualitas, serta Pengguna Produk yang berpengaruh terhadap Citra Merek.
Sedangkan kedua variabel lain yaitu Ciri Produk dan Penggunaan tidak
berpengaruh secara signifikan terhadap Citra Merek. Dari variabel harga
dan kualitas serta pengguna produk, tampak bahwa pengguna produk
mempunyai pengaruh lebih dominan sebesar 36% dibandingkan harga
dan kualitas yang hanya sebesar 23,6%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar