Rabu, 23 Mei 2012

Pengaruh Strategi Sensual Advertising Media Televisi Terhadap Motivasi Pembelian Di Ratu Super Market ___________ 168


Sensual advertising dimedia televisi sebagai suatu strategi dalam
periklanan yang dalam penyampaian pesan-pesannya menggunakan daya
tarik seks, berupa daya tarik fisik, bahasa tubuh atau gaya bahasa untuk
menginformasikan suatu produk dengan tujuan untuk mengambil
perhatian konsumen, sehingga dapat menimbulkan motivasi pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sensual advertising
yang dipicu oleh pembawaan, cara berkomunikasi, dan bahasa tubuh
terhadap motivasi pembelian produk susu L-Men di Ratu Super Market
___________ baik secara simultan maupun parsial untuk mengetahui variabel
yang dominan terhadap motivasi pembelian. Berdasarkan informasi yang
diperoleh dari SPG (sales promotion girl) PT Nutrifood Indonesia tanggal
16 Desember 2008, bahwa penjualan terbanyak L-Men yang selalu
mencapai target setiap bulannya berada di Ratu Super Market.
Metode yang digunakan explanatory research, yang bertujuan untuk
mengetahui pengaruh strategi sensual advertising media televisi terhadap
motivasi pembelian produk susu L-Men di Ratu Super Market ___________.
Untuk mengetahui hal tersebut maka digunakan analisis regresi linier
berganda dengan uji F dan uji t untuk menguji sampel dalam penelitian
ini sebanyak 73 responden dengan penentuan sampel menggunakan
teknik sampel aksidental. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran
kuesioner dan wawancara. Sedangkan untuk pengujian instrumen
menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara berkomunikasi (X2),
secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap motivasi
pembelian (Y). Dari perhitungan uji F diperoleh F hitung 13,549 ≥ F tabel
2,72 dengan nilai p sebesar 0,000 ≤ 0,05. Selain itu nilai Adjusted R Square
yang diketahui sebesar 34,3%. Dan dari hasil uji t diketahui bahwa secara
parsial, variabel cara berkomunikasi berpengaruh secara signifikan
dengan perhitungan t hitung variabel cara berkomunikasi 2,707 ≥ t tabel 2,000.
Variabel yang dominan pengaruhnya adalah variabel cara berkomunikasi
dengan konstribusi sebesar 0,456.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar