Selasa, 22 Mei 2012

Analisis Daya Saing Kualitas Siaran Radio Simfoni FM Terhadap Kepuasan Pendengar. (Studi Kasus Pada Mahasiswa Unversitas Islam Negeri ___________) 145

Kualitas pelayanan merupakan salah satu penentu keberhasilan
perusahaan, baik yang bergerak pada bidang usaha barang maupun jasa.
Terlebih lagi Simfoni FM sebagai satu-satunya organisasi yang bergerak
dibidang penyiaran radio di UIN ___________. Ditengah maraknya persaingan
radio di ___________ yang begitu banyaknya dengan dominasi radio yang
lebih besar dan radio kampus yang lain, apakah Simfoni FM mampu
bersaing merebut hati mahasiswa UIN. Oleh karena itu penelitian ini
ditujukan untuk mengetahui sejauh mana daya saing kualitas siaran radio
Simfoni FM terhadap kepuasan pendengar mahasiswa UIN ___________.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 100 orang yang diperoleh dari rumus
Slovin, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel acak
sederhana. Variabel bebasnya terdiri dari Kehandalan (X1), Daya Tanggap
(X2), Perhatian (X3), Jaminan (X4), dan Bukti Fisik (X5). Variabel
terikatnya adalah Kepuasan Pendengar (Y). pengujian instrument
menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan asumsi klasik. Sedangkan
metode analisis datanya menggunakan regresi linier berganda dengan uji
F dan uji t.
Dari perhitungan uji F diperoleh F hitung 59,781 > F table 2,31
dengan nilai p sebesar 0,000 ≤ 0,05 selain itu nilai nilai Adjusted R square
yang sebesar 0,748 yang artinya besarnya variabel bebas terhadap variabel
terikat adalah 74,8%. Dan dari uji t diketahui bahwa secara parsial
variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel
terikat. Perhitungan t hitung variabel Kehandalan (X1) sebesar 2,744 > t
tabel 1,984, Daya Tanggap (X2) sebesar -2,544 > t tabel 1,984, Perhatian
(X3) sebesar 4,952 > t tabel 1,984, Jaminan (X4) sebesar 2,255 > t tabel 1,984,
Bukti Fisik (X5) sebesar 4,444 > t tabel 1,984. Variabel yang dominan
adalah variabel Perhatian (X3) dengan koefisien regresi sebesar 0,704 lebih
besar dari variabel yang lain. Dari hasil penelitian, daya saing simfoni FM
dilihat dari segi frekuensi dirasa telah mampu bersaing dengan radioradio
kampus sejenis yang mana dengan kekuatan daya pancar sebesar
300 Watt, dengan radius pancar efektif sejauh 20 Km, sedang radio
kampus yang lain hanya sebesar 250 Watt, sehingga dapat menjangkau
masyarakat luas terutama mahasiswa UIN ___________ sebagai responden.
Strategi yang telah dilakukan oleh radio simfoni FM dengan cara selalu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar