Selasa, 22 Mei 2012

Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) Terhadap Kinerja Karyawan Pada Koperasi Wanita Kartika Candra Pandaan.128


Kinerja karyawan merupakan hasil kerja secara kualitas dan
kuantitas yang dicapai seseorang karyawan dalam melaksanakan
tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya, serta
merupakan unsur penting dalam perusahaan. Dalam rangka
meningkatkan kinerja karyawan, banyak cara yang dapat dilakukan oleh
manajer. Salah satunya dengan cara meningkatkan kecerdasan emosional
(EQ), pada antar karyawan.
Penelitian ini menganalisis kecerdasan emosional (EQ) yang terjadi
di Koperasi Wanita Kartika Candra dalam kaitannya dengan kinerja
karyawan. Pengujian dilakukan dengan menggunakan regresi linear
berganda, dimana variabel dependen (Y) adalah kinerja karyawan,
sedangkan variabel independen (X) adalah kecerdasan emosional (EQ)
yang didentifikasi dengan item kemampuan untuk bisa mengenali emosi
diri sendiri atau kesadaran diri (X1), pengaturan atau mengelolah emosi
diri sendiri (X2), memotivasi diri sendiri (X3), mengenali emosi orang lain
atau empati (X4), dan membina hubungan dengan orang lain (X5). Sampel
yang digunakan adalah 67 karyawan.
Hasil pengujian menggunakan regresi berganda menemukan
bahwa secara bersama-sama variabel kecerdasan emosional (EQ)
berpengaruh secara signifikan terhadap karyawan. Hal tersebut hsail
analisis didapat nilai F hitung sebesar 14.985 F tabel 4.39 dan teruji pada
= 5% dan membuktikan bahwa variable bebas berpengaruh secara
simultan terhadap variable terikat. Sementara hasil pengujian uji t
menunujukkan bahwa variabel mengenali emosi orang lain (X4)
mempunyai pengaruh yang paling dominan dengan t hitung paling besar
6.561  t tabel 1.996 dan dengan signifikan terkecil 0.000, sedangkan
analisis regresi menujukkan hasil konstanta sebesar 2707. Hasil pengujian
ini menjelaskan bahwa kecerdasan emosional (EQ) pada antar karyawan
berperan dalam meningkatkan kinerja pada karyawan koperasi wanita
kartika candra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar