Minggu, 20 Mei 2012

Pengaruh Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian handphone Nokia (Survei pada konsumen Handphone Global Teleshop cabang ___________) 094


Kelompok acuan merupakan kelompok atau individu yang
memiliki pengaruh secara langsung (tatap muka) atau tidak langsung
terhadap sikap atau perilaku seseorang. Seorang anak sebagai konsumen
akan memperoleh sosialisasi dan pengaruh baik dari anggota keluarga
maupun teman-temannya, mereka akan mempengaruhi seorang anak
dalam membeli produk dan jasa, dan pemilihan merek maupun selera
terhadap suatu produk dan jasa. Sebagai obyek dalam penelitian ini
adalah Global Teleshop cabang ___________. Global Teleshop merupakan salah
satu outlet resmi Nokia yang didirikan untuk menjamin ketersediaan
(availability) barang dan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi
pelanggannya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian exploratory research atau
penelitian penjelasan. Dalam pelaksanaannya, explanatory research
menggunakan metode penelitian survei. Pengambilan sampel dalam
analisa faktor adalah minimal empat kali atau lima kali jumlah instrumen
pertanyaan yaitu sebanyak 19 X 4 = 76 responden, dengan teknik
pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner, wawancara, dan
dokumentasi. sedangkan metode analisis data menggunakan analisis
regresi berganda.
Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui kelompok acuan
secara simultan mempunyai pengaruh sebesar 9,8% sedangkan yang
80,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Secara parsial variabel
keluarga mempunyai pengaruh sebesar 7,1%, variabel kelompok
persahabatan sebesar 1,5% dan variabel kelompok kerja sebesar 18,5%.
Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa kelompok
acuan mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap keputusan
pembelian handphone Nokia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar