Selasa, 22 Mei 2012

Pengukuran Efektifitas Iklan Televisi Sepeda Motor Yamaha Versi Lagu Group Band Dewa "Yamaha Semakin Didepan” Dengan Pendekatan EPIC Model” (Pada Dealer Sepeda Motor Yamaha


Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas iklan
televisi sepeda motor Yamaha versi lagu group band Dewa “Yamaha
Semakin Didepan”. Penelitian ini merupakan suatu penelitian survei yang
mengambil sampel dari suatu populasi yaitu konsumen pada dealer
Yamaha Timbul Jaya Blitar dan memberikan kuesioner sebagai alat
pengumpulan data. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode yang
digunakan adalah EPIC Model, dimana metode tersebut adalah salah satu
metode untuk mengetahui efektifitas iklan dengan menilai 4 Dimensi
yang ada dalam iklan yaitu, Emphaty, Persuasion, Impact, Communication.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji
reliabilitas, analisis tabulasi sederhana, dan skor rata-rata yang kemudian
dimasukkan dalam rentang skala EPIC Model yang telah ditentukan
untuk mengetahui tingkat keefektifan iklan tersebut.
Dari penelitian terhadap konsumen sepeda motor Yamaha pada
dealer Yamaha Timbul Jaya Motor Blitar didapatkan hasil bahwa iklan
televisi sepeda motor Yamaha versi lagu group band Dewa “Yamaha
Semakin Didepan” secara keseluruhan adalah termasuk iklan yang efektif
dari masing-masing dimensi yaitu, dimensi Emphaty responden terhadap
iklan televisi sepeda motor Yamaha versi lagu group band dewa “Yamaha
Semakin Didepan” masuk dalam rentang sangat efektif, dimensi
Persuasion responden terhadap iklan televisi sepeda motor Yamaha versi
lagu group band Dewa “Yamaha Semakin Didepan” masuk dalam
rentang sangat efektif, dimensi Impact responden terhadap iklan televisi
sepeda motor Yamaha versi lagu group band Dewa “Yamaha Semakin
Didepan” masuk dalam rentang sangat efektif, dimensi Communication
responden terhadap iklan televisi sepeda motor Yamaha versi lagu group
band Dewa “Yamaha Semakin Didepan” masuk dalam rentang sangat
efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar