Minggu, 20 Mei 2012

Pengaruh Konsep Attachment Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu XL (Survei Pada Xl Center Cabang ___________)084


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin ketatnya persaingan
bisnis telekomunikasi di Indonesia yang mengarah pada perang tarif.
Strategi perang tarif ini juga merambat pada harga kartu perdana (starter
pack) yang semakin murah, di mana harga jualnya di bawah nilai pulsa
yang ada di dalamnya untuk menarik pelanggan baru. Di satu sisi
perusahaan berusaha untuk terus menambah jumlah pelanggannya
dengan menjual kartu perdana murah, namun di sisi lain perusahaan juga
dengan mudah akan ditinggalkan pelanggannya karena kartu perdana
hanya digunakan sebagai Calling Card.
Konsep Attachment adalah sebuah konsep yang mencakup
tentang nilai internal dan eksternal yang menjadi pertimbangan
konsumen dalam mengambil suatu keputusan yang dihubungkan dengan
loyalitas pelanggan. Konsep ini mengandung dua variabel yaitu
Preferensi Konsumen (X1) sebagai faktor internal yang berasal dari dalam
diri konsumen dan lingkungannya dan Diferensiasi Produk (X2) sebagai
faktor eksternal.
Lokasi penelitian pada XL center cabang ___________, besarnya
sampel dapat ditentukan sebesar 100 responden dengan menggunakan
rumus Malhotra yaitu jumlah sampel minimal 4 atau 5 kali dari jumlah
item pertanyaan. Teknik pengukuran data menggunakan skala likert.
Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, Uji F dan Uji t.
Diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh
yang signifikan secara simultan dari variabel preferensi dan diferensiasi
terhadap loyalitas pelanggan. R Square (R2) sebesar 0,943. Maka berarti
pengaruh konsep Attachment terhadap loyalitas pelanggan kartu XL dapat
dijelaskan sebesar 94,3% oleh variabel preferensi (X1) dan variabel
diferensiasi (X2). (2) terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial dari
variabel preferensi dan diferensiasi terhadap loyalitas pelanggan kartu XL.
Hal ini dapat dilihat dari masing-masing variabel memiliki nilai
signifikansi lebih kecil dari α = 0,05. (3) Uji F menunjukkan bahwa
variabel-variabel dari Attachment berpengaruh secara signifikan terhadap
loyalitas pelanggan. Hal ini dapat dilihat dari Fhitung sebesar 80,041 dengan
tingkat signifikansi 0,000 maka dapat dikatakan bahwa variabel-variabel
Attachment (X) mempengaruhi loyalitas pelanggan (Y) secara signifikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar