Selasa, 22 Mei 2012

The Factorsthatinfluence client enthusiasmto Bali Maju jaya Mandiri credit bank(BPR), Tulangan, Sidoarjo.150


BPR Bali Majujaya Mandiri dalam rangka meningkatkan layanan keuangan
dan memperluas jangkauannya didukung oleh adanya Program Edukasi
Masyarakat yang dikembangkan Bank Indonesia dalam rangka implementasi
Arsitektur Perbankan Indonesia yang dikenal dengan gerakan “Ayo ke Bank”
yang memposisikan Bank sebagai Sahabat Konsumen. Program ini selain untuk
mengenalkan produk perbankan (Bank Umum dan BPR), juga untuk
meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap bank. Mengingat kepercayaan
masyarakat merupakan modal pokok dari kegiatan usaha bank, sementara dilain
pihak bahwa telah banyak kasus maupun peristiwa, semisal seorang manajer
sebuah BPR di Jawa Barat membawa lari uang nasabah atau hal yang sama terjadi
di Lumajang, Jawa Timur, manajer sebuah bank muamalah membawa kabur uang
nasabah maupun karena akibat banyaknya bank yang merjer karena likuidasi,
yangmana hal tersebut juga pernah dialami oleh pemegang saham terbesar PT.
BPR Bali Majujaya Mandiri yaitu Bank Bali yang kemudian merjer menjadi
Permata Bank. Dengan latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan
sebuah penelitian mengenai hal tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk
memberikan informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah
terhadap Bank Perkreditan Rakyat Bali Majujaya Mandiri Tulangan Sidoarjo. Alat
analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu untuk memberi gambaran
umum tentang responden dan analisis faktor yaitu untuk menentukan beberapa
variabel yang mempengaruhi minat nasabah.
Berdasarkan hasil analisis faktor, maka diketahui terdapat 28 item yang
memiliki nilai Loading Factor di atas 0,5 yang menggambarkan 9 faktor yang
mempengaruhi minat nasabah terhadap BPR Bali Majujaya Mandiri Tulangan
Sidoarjo. Sembilan faktor tersebut, yaitu: Persepsi (X1), Tempat (X2), Produk (X3),
Motivasi (X4), Bukti Fisik (X5), Kelas Sosial (X6), Keluarga (X7), Harga (X8), dan
sumber non komersial lain (X9). faktor persepsi memiliki faktor loading terbesar
yaitu 0,860, sehingga menjadikan faktor persepsi memiliki kontribusi terbesar
dalam mempengaruhi minat nasabah terhadap Bank Perkreditan Rakyat Bali
Majujaya Mandiri Tulangan Sidoarjo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar