Selasa, 22 Mei 2012

ANALISIS SENSITIVITAS RESPON KONSUMEN TERHADAP EKSTENSIFIKASI MEREK PADA SABUN CAIR MEREK CITRA MENGGUNAKAN HIERARCHY OF EFFECT MODEL (Studi pada Mahasiswa UIN ___________) 151


Sensitivitas respon konsumen adalah satu set tolak ukur penting yang berfungsi untuk mengetahui efektivitas brand extension yang dilakukan perusahaan. Jika perluasan merek dilakukan secara tidak tepat, ada kemungkinan posisi produk sebelumnya akan terancam. Namun jika dilakukan secara benar, adanya perluasan merek akan bisa menghemat biaya operasional produk. Sabun cair Citra adalah satu produk yang merupakan perluasan merek dari Citra hand & body lotion. Keberhasilan Citra hand & body lotion di pasar kemungkinan akan memicu konsumen untuk membeli juga sabun cair Citra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat sensitivitas dan arah respon konsumen terhadap sabun cair Citra.
Penelitian ini dilakukan di Universitas Islam Negeri (UIN) ___________ dengan sampel sebanyak 76 mahasiswa yang berusia 17-27 tahun, pernah memakai hand & body lotion minimal 10 kali, pernah membeli sabun cair Citra minimal 1 kali. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Sementara model pengukur sensitivitas respon yang digunakan adalah hierarchy of effect model.
Hasil penelitian menunjukkan sensitivitas respon konsumen atas brand extension dari hand & body lotion ke sabun cair Citra adalah sebesar -2,073. Oleh karena sensitivitas ini lebih kecil dari 1, maka termasuk dalam ukuran tidak sensitive. Dengan demikian, responden yang telah memakai hand & body lotion Citra sebelumnya dengan adanya produk sabun cair Citra menjadi tidak sensitive atau tidak merespon. Perubahan kekuatan respon dari hand & body lotion ke sabun cair Citra adalah positif sebesar 57. Tanda positif menunjukkan bahwa skor jawaban konsumen terhadap sabun cair Citra lebih tinggi dibandingkan hand & body lotion Citra. Dengan demikian, adanya perluasan merek dari hand & body lotion ke sabun cair Citra direspon baik oleh konsumen. Namun respon tersebut tidak diikuti stimuli yang baik dari sabun cair Citra sehingga konsumen menjadi tidak sensitif untuk juga memakai sabun cair Citra di masa yang akan dating. Ini terlihat dari nilai perubahan stimuli yang negatih sebesar -137.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar