Selasa, 22 Mei 2012

”Implementasi Strategi Pemasaran pada Perum Pegadaian Cabang Kepanjen ___________ 122

”Implementasi Strategi Pemasaran pada Perum Pegadaian Cabang Kepanjen ___________ 122


Perubahan yang begitu cepat yang terjadi dalam lingkungan bisnis,
menuntut setiap pelaku bisnis selalu memberikan perhatian dan respon
terhadap lingkungannya, yang kemudian merumuskan strategi agar
mampu mengantisipasi perubahan dan pencapaian tujuan perusahaan.
Didasari atas pentingnya perumusan strategi, proses perumusan strategi
merupakan suatu rangkaian kegiatan untuk menemukan strategi yang
tepat bagi perusahaan. Rangkaian kegiatan yang diperlukan meliputi
analisis lingkungan perusahaan, baik lingkungan internal maupun
lingkungan ekstrnal untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang
dan ancaman yang dapat memperlancar ataupun menghambat
perkembangan perusahaan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran
yang diterapkan Perum Pegadaian Cabang Kepanjen ___________ serta
strategi-strategi pemasaran yang digunakan selama ini guna
meningkatkan omzet. Dalam penelitian penulis menggunakan jenis
penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan
keadaan menurut apa adanya. Dalam proses pengambilan data penulis
menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan
data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Dan untuk
menganalisis data yang didapat, menggunakan alat analisis lingkungan
internal-eksternal atau SWOT untuk mendeskripsikan strategi pemasaran
yang digunakan serta memperoleh pemecahan masalah dengan
mempertimbangkan alternatif-alternatif dari hasil analisis SWOT.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan
bahwa strategi pemasaran yang dilakukan Perum Pegadaian Cabang
Kepanjen ___________ selama ini dengan menggunakan personal selling dan
kwalitas pelayanan yang memuaskan bagi para konsumen yang ada
didaerah Kepanjen. maka dapat terlihat posisi Perum Pegadaian Cabang
Kepanjen ___________ di antara para pesaingnya berada pada level ke empat
yaitu strategi relung pasar (Market Nicher). Karena Perum Pegadaian
Cabang Kepanjen ___________ masih melayani pasar pada wilayah tertentu.
Dari hasil analisis yang telah dilakukan Perum Pegadaian Cabang
Kepanjen ___________ mengalami (Growth) pertumbuhan melalui integrasi
vertikal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar