Rabu, 23 Mei 2012

Pengaruh Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Koperasi Agro Niaga (KAN) ___________ 162


Kepuasan karyawan menjadi hal penting bagi sebuah perusahaan dalam menciptakan kelangsungan hidup dalam pekerjaan apapun bentuk pekerjaanya. Salah satu upaya untuk mewujudkan kepuasan yang kuat terhadap pekerjaan adalah menyediakan imbalan yang layak bagi karyawannya, disamping kondisi ekstrinsik lainnya. Individu-individu yang tidak terpuaskan akan imbalan finansial, memiliki kecenderungan untuk meninggalkan perusahaan dan mencari pekerjaan pada perusahaan-perusahaannya yang lebih mampu memenuhi harapan pribadi individu. Rendahnya kepuasan memberikan kerugian tidak hanya kepada pekerjaan, tetapi juga merugikan kepada diri individu yang keluar dari pekerjaan karena harus memulai karir awal di perusahaan yang baru.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara simultan maupun parsial pengaruh kompensasi finansial terhadap kepuasan kerja dan untuk mengetahui variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan kerja.
Adapun jenis penelitian ini mengunakan penelitian kuantitatif yaitu analisis yang bermaksud mengambarkan variabel yang ada dengan menggunakan uji statistik. Adapun sampel penelitian ini yaitu 51 responden.
Dari hasil analisis dengan menggunakan metode regresi linier berganda, diperoleh hasil perhitungan bahwa secara simultan variabel kompensasi finansial langsung dan tidak langsung berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Karena nilai F 28,163 lebih besar dari F 3,19 untuk taraf 5% dengan nilai R Square (R) sebesar 54,0 % Sedangkan secara parsial variabel kompensasi finansial langsung berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan karena nilai t 4,404 > t 2,000. kompensasi finansial tidak langsung berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan karena nilai t 4,264 > t 2,000. Sedangkan variabel yang paling dominan pengaruhnya adalah variabel kompensasi finansial langsung dengan nilai B sebesar 0,457. hitungtabel2hitungtabel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar