Rabu, 23 Mei 2012

Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Pembentukan Ekuitas Merek Produk Mi Instan Indomie Di Super Market Ratu ___________ 161


Iklan merupakan salah satu strategi yang sangat penting dalam
persaingan merebut pangsa pasar, karena dengan iklan yang jitu akan
membentuk ekuitas merek. Untuk mewujudkan ekuitas merek tersebut,
Indomie yang merupakan produk mi instan, dalam perkembangannya
harus menyajikan iklan ditelevisi dengan memperhatikan dimensi iklan
yaitu, humor, atribut produk, informasi, dan manfaat produk.
Penelitian ini merupakan explanatory research dengan menggunakan
metode survai yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan televisi
terhadap pembentukan ekuitas merek produk mi instan Indomie di Super
Market Ratu ___________. Untuk mengetahui hal tersebut maka digunakan
analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. Jumlah sampel
dalam penelitian ini sebanayk 114 responden dengan penentuan sampel
menggunakan teknik sampel aksidental. Teknik pengumpulan data
dengan penyebaran kuesioner dan wawancara. Sedangkan untuk
pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel humor (X1), atribut
produk (X2), informasi (X3), dan manfaat prduk (X4) secara simultan dan
parsial berpengaruh signifikan terhadap ekuitas merek (Y). Dari
perhitungan uji F diperoleh F hitung 43,108 ≥ F tabel 2,44 dengan nila p
sebesar 0,000 ≤ 0,05. Selain itu nilai Adjusted R Square yang diketahui
sebesar 59,8%. Dan dari hasil uji t diketahui bahwa secara parsial, variabel
humor, atribut produk, informasi, dan manfaat produk berpengaruh
secara signifikan dengan perhitungan t hitung variabel humor 3,195 ≥ t tabel
1,980; nilai t hitung atribut produk 2,508 ≥ t tabel 1,980; nilai t hitung informasi
4,188 ≥ t tabel 1,980; nilai t hitung manfaat produk 3,029 ≥ t tabel 1,980. Variabel
yang dominan pengaruhnya adalah variabel informasi dengan konstribusi
sebesar 0,377.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar