Selasa, 22 Mei 2012

Studi Kelayakan Implementasi Teknologi Informasi Melalui E-Banking Sebagai Sistem Pembayaran Di PDAM Kota Batu (Studi Pada Peningkatan Kualitas Pelayanan Bagi Pelanggan) 114


Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi menjadi sangat
penting diera globalisasi sekarang ini, karena dapat menembus jarak yang
jauh bahkan melampaui batas negara sekalipun. Pada saat ini telah
berkembang dengan pesat dengan apa yang dinamakan Electronic Banking
(E-Banking) sebagai implementasi penggunaan teknologi informasi.
Program rencana pelayanan pembayaran tagihan rekening PDAM Kota
Batu melalui E-Banking Bank merupakan wujud dari kreatifitas dan
inovasi PDAM Kota Batu dalam hal pelayanan, dan merupakan
rancangan upaya strategis perusahaan untuk meningkatkan kualitas
pelayanan melalui tekhnologi informasi, sehingga dalam pemberian
layanan, pelanggan tidak kecewa disebabkan proses dan prosedur yang
berbelit-belit dan berada dalam antrian yang panjang, karena dengan
adanya inovasi baru pelayanan diharapkan menjadi cepat dan tepat.
Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif, dengan pendekatan
kualitatif, data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dengan
teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi,
sedangkan metode analisis datanya menggunakan analisis deskriptif,
karena pada penelitian ini penulis mendiskripsikan Studi Kelayakan
Implementasi Teknologi Informasi melalui E-Banking.
Hasil penelitian, menunjukkan bahwa implementasi E-Banking
sebagai salah satu sistem pembayaran di PDAM Kota Batu merupakan
suatu inovasi dalam memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.
Penerapan implementasi tersebut didasarkan atas pemikiran peningkatan
pelayanan kepada para pelanggan, mempermudah pembayaran sehingga
dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja terutama bagi para
pelanggan yang berdomisili diluar Kota Batu seperti para pemilik vila
peristirahatan. Akan tetapi para pelanggan memberikan respon negatif
dari implementasi tersebut, karena para pelanggan menganggap
pelayanan yang ada saat ini telah cukup baik. Disamping itu pelanggan
juga tidak faham dan bingung dengan sistem internet dan
menganggapnya sulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar