Minggu, 20 Mei 2012

Pengaruh Variabel-Variabel Makro Ekonomi Terhadap Omzet Penjualan di Toko Sakinah Paiton ___________ 067


Krisis ekonomi global atau variabel-variabel makro ekonomi telah terjebak
pada sistem kapitalisme internasional sehingga sampai saat ini sepertinya tak ada
persiapan jelas menghadapi krisis keuangan global yang berawal dari runtuhnya
industri keuangan di Amerika Serikat. Krisis ekonomi global atau variabelvariabel
makro ekonomi kini mulai dirasakan pengusaha tesktil dan produk tekstil
(TPT). Ini terlihat dari ekspornya yang mulai melambat, yakni hanya tumbuh
5,6% dari 1,237 miliar dollar AS menjadi 1,312 miliar dollar AS pada semester
pertama 2008. Hal ini menunjukkan bahwasanya melambatnya pertumbuhan
ekspor komoditas ini semakin terasa terhadap pasar Amerika Serikat. Sepanjang
semester pertama ini, secara nilai ekspor ke AS hanya naik tipis, yakni 0,75%
dari periode yang sama dua tahun lalu. Dari nilainya 530,171 juta dollar AS di
periode yang sama tahun 2007, dan hanya mencapai 534.169.438 dollar AS untuk
2008 (Puspita Handayani, 2008).
Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dilakukan menggunakan
analisis regresi linier berganda dengan mempertimbangkan uji asumsi klasik, Uji
Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Autokorelasi, dan Uji Heteroskedastisitas.
Dari hasil analisis secara simultan dengan level of significant 5% Variabelvariabel
makro ekonomi mempengaruhi secara significant terhadap omzet
penjualan. Secara simultan variabel-variabel makro ekonomi dalam penelitian ini
mampu menjelaskan perubahan omzet penjualan sebesar 85,0%. Sedangkan,
selebihnya sebesar 15,0% dari variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Secara parsial variabel-variabel makro ekonomi, di antaranya : (1) Kurs Rupiah
Terhadap US$ (X1) berpengaruh secara tidak signifikan terhadap Penjualan (Y)
karena nilai probabilitnya lebih besar dari 0,05, yaitu 0,068. (2) Harga Minyak
(X2) berpengaruh secara signifikan karena nilai probabilitya lebih kecil dari 0,05,
yaitu 0,024. (3) Harga Emas (X3) berpengaruh secara tidak signifikan terhadap
Penjualan (Y) karena nilai probabilitnya lebih besar dari 0,05, yaitu 0,235

Tidak ada komentar:

Posting Komentar